FARMASI? Makhluk Apa Itu?

Assalamualaikum

Teman-temanku yang akan menempuh ujian untuk menentukan hidup baru di masa depan. Saya di sini akan menjelaskan sedikit tentang sebuah makhluk yang namanya Farmasi UI. Saya harap yang belum tahu akan tahu, yang sudah tahu akan mengerti dan yang mengerti akan berniat masuk sana serta yang ingin masuk sana saya doakan masuk :p

Saya tahu mungkin banyak di antara kalian yang ingin masuk UI tapi pusing sampai sakit kepala bahkan harus mandi kembang 7 rupa buat cari tau apa jurusan yang cocok untuk kalian. Tapi sekarang tidak perlu lagi menderita seperti itu

karena Farmasi UI akan mengobati sakit kepala kalian laksana Paracetamol

 

Apa sih Farmasi itu?

 

Farmasi adalah suatu bidang ilmu yang menitikberatkan pada sediaan-sediaan Farmasi. Tapi jangan mengira sediaan farmasi disini adalah macam-macam pil, kapsul, sirup dan sebagainya yang ada di apotek. Karena menurut UU no 36 tahun 2009 tentang kesehatan, sediaan farmasi adalah obat, bahan obat, obat tradisional dan KOSMETIKA. Kenapa saya menulis kosmetika dengan huruf capital? Karena sebagai pemberitahuan bahwa kosmetik yang banya digunakan di dunia ini adalah salah satu bidang keahlian Farmasi.

 

Pengertian obat disini juga bukan sesuatu yang hanya menyembuhkan kita dari penyakit. Tetapi juga semua bahan dan paduan bahan, termasuk produk biologi, yang mempengaruhi tubuh kita (UU no 36 tahun 2009). Jadi jangan salah paham jika anak Farmasi bisa membuat shampoo, sabun dan lotion anti UV karena memang zat-zat itu sangat mempengaruhi tubuh kita dan pemerintah mensahkan hal itu dalam sebuah undang-undang. Jangan salah paham juga jika anak Farmasi bisa bawa pulang narkotika seandainya itu adalah bahan untuk membuat obat.

 

Saya punya pengalaman membuat obat yang sebenarnya obat oral (digunakan melalui mulut) tetapi tidak boleh diminum karena sangat beracun dan cara penggunaannya adalah dengan dijilat. Kalau saya sih punya evil side, gimana kalau orang yang kita benci kita kasih minum itu? :p

 

Nah, jadi kesimpulannya adalah Farmasi adalah program studi yang mempelajari semua bahan kimia yang mempengaruhi tubuh. Disini terlihat perbedaan antara jurusan Kimia dan Farmasi. Kimia mempelajari bahan kimia secara umum dan Farmasi mempelajari bahan kimia yang mempengaruhi manusia.

 

AH! Farmasi nggak penting!

 

Kata siapa Farmasi itu tidak penting? Itu penting karena kalau Anda mengatakan itu di depan anak Farmasi pasti Anda akan digebuki. Iya kan?

 

Sebenarnya bukan begitu, Farmasi itu lebih dari penting. Hal ini dikarenakan kita sebagai manusia tidak bisa mengelak dari takdir kita yang akan terus menggunakan bahan kimia untuk hidup yang lebih baik. Dan disinilah Farmasi sangat berperan. Seandainya ilmu Farmasi tidak ada, mungkin kalian sudah meminum Paracetamol hingga overdosis, mungkin kalian juga harus makan kulit pohon willow kalau sakit kepala (FYI, Aspirin pertama ditemukan di kulit pohon willow), mungkin kalian juga tidak bisa minum susu L-Men dan dikejar-kejar oleh para wanita, mungkin kalian juga tidak bisa mandi dan bersabun hingga terlihat cantik-cantik. Karena semua itu adalah bahan-bahan yang berada di bawah komando ilmu Farmasi.

 

Banyak permasalahan dunia yang berkaitan dengan Farmasi, mulai dari penyakit AIDS, flu burung, bidang industry yang terus mencari cara mudah dan murah memproduksi obat. Kalian pasti sudah familiar dengan istilah obat herbal, obat yang menjadi solusi saat obat-obat buatan pabrik tidak mampu mengatasi penyakit. Obat herbal juga secara intensif sedang diteliti oleh berbagai Negara. Dan lihat Negara kita, begitu banyak tanaman-tanaman aneh yang belum diteliti khasiatnya bagi tubuh. Proyek penelitiannya, untuk informasi, dapat bernilai milyaran rupiah. Itu adalah bagian bagi anak Farmasi, terutama Farmasi di Indonesia.

 

Jadi, buang jauh-jauh kata”nggak” dari “Farmasi nggak penting”  :)

 

Kita belajar apa di Farmasi?

Itu adalah pertanyaan terklasik yang pernah saya dengar. Khusus di Farmasi UI, saya sudah menggunakan kurikulum terbaru. Jadi walaupun masih berada di FMIPA, Farmasi UI sudah tidak mempelajari Fisika dasar, Matematika dasar dan sebagainya yang dasar-dasar. Kami para farmasis sudah mulai fokus pada mata kuliah jurusan. For information:

Mata Kuliah Semester 1 saya:

  • Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Terpadu (6 SKS)

    Ini adalah matkul wajib universitas selain MPK Bahasa Inggris, MPK Agama dan MPK Seni/Olahraga

  • MPK Bahasa Inggris (3 SKS)
  • Ilmu Biomedik Dasar (3 SKS)

    Belajar anatomi tubuh manusia

  • Kimia Organik (3 SKS)
  • Farmasetika (3 SKS)

    Belajar seni meracik obat

  • Praktikum Farmasetika (3 SKS)

    Ini edisi praktikumnya Farmasetika

 

Lalu, di semester 2 saya akan belajar:

  • MPK Seni/Olahraga
  • MPK Agama
  • MPKT Jilid 2
  • Biokimia
  • Praktikum Biokimia
  • Biologi Sel
  • Patobiokimia
  • Farmasi Fisika
  • Praktikum Farmasetika II
  • Praktikum Ilmu Biomedik Dasar

 

Nah, kita nggak ketemu sama makhluk2 “dasar” tadi. Dan pastinya kita tidak berjumpa dengan fisika murni dan matematika. Saya rasa dua makhluk ini adalah makhluk yang sangat menakutkan bagi teman-teman :p

 

Terus kalau mau masuk? Gimana?

 

Kalau mau masuk ya masuk aja. Departemen Farmasi ada di FMIPA paling pojok :p

Kalau mau daftar baru saya kasih tahu.

 

Nah, saya hanya akan memberi tahu bagaimana cara masuk Farmasi UI, nggak yang lain. Tentu saja caranya adalah memilih Farmasi saat pendaftaran SIMAK, PPKB atau SNMPTN.

 

SIMAK UI adalah jalur masuk UI yang direncanakan akan dilaksanakan pada 3 Juli 2011, pendaftaran akan dibuka 3-24 Juni 2011. Biayanya adalah 100.000 – 7.5 juta untuk Uang semester dan 0-5 juta untuk uang pangkal. Passing Grade Farmasi UI termasuk 5 besar tertinggi untuk program IPA untuk tahun lalu, tetapi itu bukan penghalang untuk masuk Farmasi karena sistem passing grade itu seperti sistem penerimaan siswa baru di SMP atau SMA yang saya yakin kalian sudah mengerti seperti apa.

 

Sebagai informasi, Farmasi UI terbagi jadi 2 program, Reguler dan Pararel. Perbedaannya adalah pada biaya kuliahnya. Reguler bisa mengambil BOPB sedangkan Pararel tidak bisa. Secara waktu pun tidak jauh berbeda waktu kuliahnya. Tetapi yang jelas di FMIPA tidak ada jam kuliah lagi setelah pukul 4 sore.

 

Saat semester 5 pun nanti akan dibagi menurut peminatan. Di Farmasi UI, ada 2 peminatan yaitu Farmasi Klinis dan Farmasi Industri. Farmasi klinis melatih mahasiswa untuk banyak di lab untuk kepentingan produksi obat-obatan skala kecil dan penelitian sampai pembuatan obat baru. Sedangkan Farmasi Industri mengajarkan mahasiswa untuk terbiasa di pabrik-pabrik dan memfokuskan untuk produksi skala besar. Mata kuliahnya pun agak berbeda, tapi kita tidak akan fokus kesana.

Saat ini, Farmasi UI menggunakan kurikulum baru. Kabar yang beredar adalah Farmasi UI tidak akan lagi mengadakan peminatan Klinis maupun Industri. Seluruh mahasiswa diarahkan untuk menuju arah Klinis. Kurikulum ini baru digunakan sejak angkatan 2010. Karena angkatan ini belum mencapai semester 5, post ini akan diupdate lagi mengenai peminatan

 

Terus habis kuliah kemana? Nikah?

 

Ya itu sih terserah kamu :p

Yang jelas setelah kuliah ini ada dua pilihan, melanjutkan S2 atau bekerja. Jika ingin melanjutkan S2, Farmasi UI menyediakan program Ilmu Kefarmasian dan Ilmu Herbal sedangkan untuk S3 ada program Pendidikan Doktor Ilmu Farmasi. Sedangkan jika kalian memilih bekerja, akan ada banyak lapangan kerja yang bisa kamu tempati. Mungkin penjelasan ini bisa sekaligus menerangkan perbedaan farmasi klinis dan industri

Ini bedanya farmasi klinis & industri:
Farmasi klinis lebih fokus pada praktek klinik farmasis di RS & apotek,,, ttg Pharmacy-Care, konseling pasien, dsb yg terkait dengan konsultasi-edukasi-informasi penggunaan obat kpd pasien. Mata kuliahnya meliputi farmakologi, farmakokinetika, farmakoterapi, etc.
Nantinya, seorang farmasis klinis dpt bekerja di RS, Puskesmas dan apotek,,, menjadi rekan sejawat dokter dalam pengambilan keputusan pemilihan obat pasien dgn komposisi & dosis yg rasional.

Farmasis klinik jg dpt bekerja di pabrik farmasi, bag Medical Representative –> menginformasikan produk kpd dokter. Atau di bgn CRA (Clinical research Associate) : bersama dokter memantau uji klinik fase IV pada obat2 paten baru.

Sedangkan Farmasi Industri menitikberatkan pada teknologi kefarmasian, sediaan farmasi, analisa obat, pemastian mutu obat dsb. Mata kuliahnya ttg Tenologi pelepasan & penghantaran obat, sediaan farmasi, eksipien farmasi, analisis-fisiko-kimia, sintesis obat (kimiawi maupun bioteknologi), regulasi, dsb. Seorang farmasis industri dpt bekerja di pabrik farmasi, kosmetik, raw material, maupun food-beverage. Di bagian R&D, QA, QC, Produksi, PL, regulatory.

Berikut adalah link bagi web Farmasi UI

 

http://www.farmasi.ui.ac.id/

 

————————————————————————–

Nah demikian informasi dari saya. Semoga apa yang saya share disini bermanfaat bagi teman-teman :)

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih

 

Muh. Miftahul Huda-Mahasiswa Farmasi UI angkatan 2010

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in Cerita, Curhat. Bookmark the permalink.

22 Responses to FARMASI? Makhluk Apa Itu?

  1. nuyuy says:

    salam kenal,
    saya nurul mahasiswi farmasi 2010 di UHAMKA :)
    baru-baru ini nama fakultas saya berubah dari FMIPA menjadi FFS (fakultas farmasi dan science), kurikulumnya pun ikut berubah, yg tadinya tidak ada penjurusan sekarang menjadi ada, dan dilakukan di semester 5 nanti, penjurusannya hampir sama yaitu farmasi klinis dan farmasi teknologi formulasi&industri.
    kalo boleh minta saran sebaiknya saya mengambil jurusan apa ya?
    masalahnya saya lebih menyukai farmasi klinis, dan dulu saya memang bercita-cita ingin jadi dokter, namun orangtua mempunyai usaha dan CV di bidang IKOT dan sepertinya berharap saya lebih mengerti tentang formulasi OT nya karna mereka berharap Insya Allah IKOT ini bisa menjadi IOT nantinya,
    bagaimana tanggapannya?
    terimakasih, :)

    • hudatsuyoshi says:

      Wah, selamat ya buat perubahan nama fakultasnya :)
      Jika memang berminat ke klinis, ambil saja. Banyak sekali bidang di farmasi, tapi semua mata kuliah umumnya dipelajari semua baik di klinis maupun industri. Bedanya adalah matkul pilihan yang diambil. Jadi saya mau tau juga di farmasi sana bisa nggak ngambil klinis tapi ambil matkul pilihan teknologi juga?

  2. lusy says:

    gue pengen masuk sono tapi gue bego gimana donk
    trus gue jurusan ips masuknya susah gag yaah….?

    • hudatsuyoshi says:

      Kalo IPS, lebih baik berdayagunakan kemampuan IPSmu, sayang sekali kalau nggak kepake.
      Nggak ada yg bego ga ada yg pinter kok kalo buat masuk kuliah :D

  3. novan says:

    wah kakak hebat bisa masuk farmasi. saya pengennya juga masuk kesana kak. boleh gag bagi tipsnya supaya bisa masuk kesana ?
    trus pendapat kakak saat kuliah disana gmana ?
    mksh . .

    • hudatsuyoshi says:

      Tips?
      Kalau dr sekolah, banyak baca dan belajar pelajaran sekolah. Insya Allah bisa sampe :D

      Kuliahnya asyik kok, penuh tapi masih bisa dapet hal lain kayak organisasi dan olahraga

  4. anindita says:

    gue pengen banget masuk farmasi. tp gue paling bego di kimia sama biologi, fisika matematika malah mapel yg paling gue bisa. gimana dong kak?

  5. Muhamad Aulia Rahman says:

    insya Allah gua bakalan masuk Farmasi UI 2013 Amiiiiiiiinn

  6. Satya joongki says:

    Ka, dosen” disana galak” gak sh?pelajaran.a bikin puyeng gak?hehe soal.a q paling takut lw ktmu hafal”an.. :D

  7. Lianassantoki says:

    Masuk dunia farmasi itu emang seru :D

  8. ka.. saya mahasiswa farmasi, tapi masih bingung mau ambil jurusan farmasi klinis atau farmasi tekno nya.. menurut kaka? lebih enak jurusan farmasi klinis atau tekno? karena nanti saya bingung untuk metodelogi di penelitian nya. makasih sebelum nya

  9. dita says:

    ka.. saya mahasiswa farmasi. kalau boleh ingin tau dong silabus mata kuliah semester 4 di farmasi UI itu ada apa aja? Makasih ka:)

    • hudatsuyoshi says:

      Maaf kalau jawaban ini sangat telat krn kesibukan kuliah :)
      -Farmakognosi (ttg zat obat dari tumbuhan)
      -Prakt farmakognosi
      -Immunologi virologi (ttg virus dan sistem imun)
      -Manajemen kesehatan dalam kondisi bencana (Tuh anak farmasi belajar manajemen :p)
      -Praktikum analisis bahan baku farmasi
      -Prakt Farmasi fisik
      -Obat gangguan kardiovaskuler dan respirasi
      -Fitokimia I (cara ngambil zat berkhasiat dlm tanaman)
      -Teknologi sediaan padat (ini yang bikin bikin tablet, kapsul dan sebagainya :p)

      Tapi kurikulum 2013 sekarang sudah berubah dan saya belum tau semua matkul dalam kurikulumnya

  10. indah says:

    ka, kalo di UI untuk FF ada kelas karyawan ga ya?

  11. Benazir says:

    Ka, bantu dong…
    saya ini murid SMK Farmasi, insyaAllah saya lulus tahun ini… aamiin…
    rencananya pengen masuk UI. Cuma jujur, saya lemah di mapel hitung-hitungan semacam MTK, Fisika, Kimia… Kimia dasar saya pun predikatnya cuma cukup :’(
    sedangkan fisika saya hanya dapat pembelajaran fisika dasar di smk sampai kelas 10 aja, *entah kenapa gak dapat fisika farmasi*
    Minta saran, kira-kira orang dengan predikat “cukup” kayak saya bakal kuat gak sama mata pelajaran di fakultas nanti…
    Mohon maaf kalo ada kata2 yang kurang berkenan
    and makasih waktu dan mohon balasannya

    • hudatsuyoshi says:

      Kuat, kuat banget :D
      Banyak di antara kita yg udah di sini nggak punya pengetahuan apapun ttg farmasi. Pertama praktikum farmasetika meja2 berantakan ga jelas, bikin emulsi kagak jadi2 (curhat ;p)
      Klo kamu kan udah punya tuh basic farmasinya, jd insya Allah bakal lebih ahli dari kita2 :)
      Masalah pelajaran2 itu emang lebih baik cukup aja, krn bakal refresh lagi di kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s